Letakkan Judul Posting di Depan Nama Blog untuk SEO

Agar judul posting ini lebih jelas maksudnya, silahkan lihat pada tab browser anda di atas. Judul posting ini berada di depan kemudian disusul nama blog di belakangnya. Begitu pula nantinya tampilan dalam query search engine. Apabila judul blog berada di depan, maka prioritasnya akan berbeda serta pengunjung yang sedang melakukan pencarian tidak dapat melihat judul posting secara lengkap, karena biasanya bagian belakang akan terpotong apabila baris judul panjang. Hal ini tentu tidak baik bagi SEO

Biasanya, template eksternal yang telah dikostumisasi serta disisipi hack SEO memiliki fitur ini. Namun ada pula template yang benar-benar pure dan belum di ubah sama sekali, terutama template-template official bawaan Blogger. Oleh karena itu, bagi anda yang masih memiliki baris judul yang menempatkan nama blog/website di depan judul posting, ubahlah melalui cara berikut:

1. Masuk ke dashboard > Design > Edit HTML.
2. Cari (Ctrl+F) baris tag seperti berikut ini, letaknya ada di bagian atas setelah <head> dan sebelum <b:skin> di template HTML anda:
<title><data:blog.pageTitle/></title>
Saya tunggu deh.
Oke, sudah ketemu? Sudah sama dengan yang di atas?
3. Sekarang silahkan GANTI dengan script tag berikut:
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/> ~ <data:blog.title/></title>
</b:if>
Perhatikan tanda "~'. Itu adalah tanda yang saya pakai untuk memberi batas antara judul posting dan nama blog ini. Anda dapat menggantinya dengan tanda yang anda suka, misalnya ">>" atau "|".
4. Simpan/save template HTML. Buka salah satu artikel/posting blog anda. Lihat bagian atas browser dan perhatikan perubahan yang terjadi pada urutan judul posting dan nama blog.

mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com

Letakkan Judul Posting di Depan Nama Blog untuk SEO
Written by: Ahmad Khoirul Azmi
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di atas. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

add a comment 90 Comment(s):

Dilarang Melarang said...

Aku ga ngerti sob...maklumlah telmi sih..
oh ya sob ko ga ada kotak ngocehnya...
http://nagapasha.blogspot.com

Unknown said...

alah, bro, kalo blognya ber-PR 4 kaya punya-nya bro itu, ga mungkin yang punya ga ngerti. hehe.ya kan? Sori, bro, belum bisa masang sekarang, soalnya page loadnya berat banget kalo dipasangin itu. tar kalo internet saya sudah kenceng aja, soalnya kalo buka blog sendiri ampe kaya antri rumah sakit. hehe. (padahal 3 ga bakal bisa kenceng koneksinya :P)

Rizkyzone said...

kalau blog saya gimana yah ? udah bener belum pemasangannya, biar cepet kurangi yang g bgt penting

Unknown said...

aha, kalo blognya bung rizky malah title/nama blognya disembunyikan, semakin bagus tuh

ferry said...

thank's sob
bisa tukeran link ga????
hehehehehe

Unknown said...

oke, tar kalo link saya udah dipasang kasih tau ya, bis tu link mu saya pasang. :P

EX-SCRIPT said...

sudah saya pasang link anda di sini http://ex-script.blogspot.com klik page seo tutorial

EX-SCRIPT said...

dan terimakasih atas tutornya sangat ber guna blog saya sekarang masuk serp coba anda ketik jomsocial 2.0.6 nulled script dan ke4 dari atas blog yang masuk serp adalah blog saya semua
hehehe thnks banget sob

Unknown said...

sudah saya balas di blog .TK anda

EX-SCRIPT said...

sudah om
kalo achor saya Free joomla Extension aja

EX-SCRIPT said...

oi iya om salah gini om Free Joomla ! Extension

Unknown said...

okay sip....... guwe kasih backlink gratis deh :D hahaha

EX-SCRIPT said...

siip di tapi back link nya di man bang???
hahahah :D

EX-SCRIPT said...

o iya bang sorry ane ga liat
hehehe itu ada hehehehehe di kanan

Ferrypesak said...

Thanks Om
Bisa Tukeran Link GA

Xlers said...

Makasih gan buat info-nya... akan saya praktekkan.

agus said...

Terima kasih. Minta ijin copas scriptnya

lolucu said...

makasih mas infonya... langsung praktek nh. umur saya baru 3 hari. salam kenal hehe

Anonymous said...

thx banget atas tutorialnya....keep posting gan

Berita Dan Gossip Terbaru said...

gan ane dah buat kyk yg diatas,, tapi judul blog yg dibelakangnya kok gak muncul ya? itu kenapa?

Unknown said...

Itu karena tag bagian belakang, data:blog.title tidak ada. Dulu berarti anda cuma pake b:if dan tag untuk menampilkan judul posting saja. Silahkan ganti script/kode yg dulu dengan kode di atas.

Appri said...

mas udah saya coba cara di atas dan berhasil, tapi kenapa setiap ganti tema, kode htmlnya kembali ke default lagi, jd judul blog kembali di depan judul post. gimana tuh kang cara ngatasinya?

Unknown said...

Setiap ganti template/theme, semua yang sudah tersimpan akan terhapus. Kecuali widget-widget yang seusai dengan theme/template yg baru. Oleh karena itu, setiap ganti template blogger, sebelumnya harus backup dulu bagian-bagian terpenting yg ingin dipakai lagi, misalnya widget2, script, dan jg kode seperti di atas. Tidak ada cara lain selain itu, bro.

Appri said...

klw kita mau ngetit templed seperti bacground, layout dll tanpa mengganti tema blog, apakah kode html nya juga akan berubah?

Unknown said...

tidak. tidak ada yang berubah kecuali bagian yang di-edit.

Anonymous said...

gan kok gk bisa sih ini tips nya..
coba di cek di blog ane deh..
TERIMAKASIH...

Anonymous said...

oh iya cek disini
http://aditya-info.blogspot.com/

rar zip album said...

makasyih gan, sekarang hasil serpnya jadi lebih baik :D

Unknown said...

terima kasih atas postingnya .. sangat membantu..

Toraja Homeland said...

klo yang sy punya ternyata sudah ada,,,

pinjal said...

oke mas segera laksanaken.. Makasih berat ni bantuanya

pupil said...

Makasih mas buat triknya, suda saya pasang di sudutpandangpupil.blogspot.com

KeltzathaN said...

ty gan infonya membantu nie

Unknown said...

terimakasih gan sangat membantu buat para newbie

Unknown said...

om kalau buat yang kayak om gimana ,judul post > label > nama blog , iu gimana ?

Zainal M said...

tks...berhasil

Unknown said...

Makasih yah atas ilmunya ,, tapi aku mau nanya sama sobat ,, kenapa di blog ku ga ada footernya ,,, aku mau nambah elemen pada blog ku ,, tapi koq pas akau masukin kode htmlnya nyari " footer" koq ga ada ,, cman wrapper , ma header ,, jadi saya minta komentar sobat ,, aku baru mulai ngeblog sekitar seminggu ,, n masih butuh panduan.

http://alliallu.blogspot.com

Anonymous said...

thanks sob artikelnya sangat bermanfaat untuk diterapkan pada blog

dani said...

makasih info nya gan, kalo blog ku tolong nilai blog ku donk , kekurangan nya apa :( soal nya masih new bie

Kevin Samara said...

ora isi
ini coba http://www.worldbiography.co.cc/2012/03/cristiano-ronaldo.html

Online Medical said...

mantap... broo... thanks
mampir sini :)
www.xendapcgames.blogspot.com

steven said...

thanks mas infonya sangat membantu mas...

mas saya mau minta tolong donk mas kasih tutorial untuk buat posting blogspot grid(hanya gambar dan judul) saya mau bikin toko onine berbasis blogspot tapi saya bingung buat postingan berbentuk grid seperti toko online pada umumnya. thanks mas

Unknown said...

@Steven. oke nanti saya persiapkan semuanya, atau nanti saya cari template2 blog sobat2 saya yang bisa langsung diaplikasikan sebagai toko online.

Free Template said...

Scriptnya kok g bisa y????
udah 2x dicoba

Unknown said...

bung khoirul, ane mau nanya. misalkan ketika ane search di google judul postingan ane, trus yg muncul adlah "Nama Blog : Judul Postingan". Nah, gimana caranya agar seperti blog yang lain, "Judul Posringan : Nama Blog" ?

Anonymous said...

Makasih Infonya mass Ijin Sedot y

maz dani said...

mas Ahmad Khoirul Azmi saya mau tanya
kalau supaya blog ketika disahre ke jejaring sosial ada sedikit cuplikan isinya gimana ya masa caranya
mkshh

samsung gadget said...

makasih gan info seonya samoga bisa membantu blog baru ane

Prediksi skor said...

nice share gan saya sdh coba terapkan dan berhasil,,,
thx ya...

Unknown said...

makasih bro, artikelnya sangat bermanfaat bagi pemula seperti saya

Anonymous said...

mas kenapa saya selalau gagal mengkopikan kode di atas... tulisanny : Lebih dari satu widget ditemukan dengan id: Navbar1. ID Widget seharusnya unik.

Error 500.... begitu mas.. saya mohon penjelasannya apakah template yg sy gunakan tidak sesuai???

Motor Matic 2012 said...

Hi sob..I mau Nanya ni..Untuk masalah judul posting ini sebenarnya yang di maksud Seo Friendly a itu berdasarkan Robotnya Google atau berdasarkan Prioritas para pencari Informasi di google ?? Untuk masalah ini ane bingung ni.. soalnya dari info analisa Seo yang ane dapat gak ada penjelasan yang menjelaskan Judul Blog di belakang Judul Posting Bisa Seo Friendsly... Malahan Gara Gara Judul Blog yang ane pasang di belekang judul posting itu dapat bendera kuning dari seo doctor, Ya karena Kelebihan Karakternya Itu sob,, Jadinya ane bingung ini sebenarnya Judul blog ditaruk dibelakang judul posting atau gak..Kalo Cuma Seo Prioritas Pencari Informasi ane jelas g taruk.. yang mau ane tau itu ada hubungannya sama Robot Google atau gak sob.. Itu ajha sob.. ThankS salam kenal ya..

Unknown said...

Berdasarkan keduanya, yang pertama untuk informasi keyword bagi search engine, dan kedua bagi pengunjung. Judul yang berada di depan akan terbaca dengan baik ketika muncul di indeks search engine

nyawnyaw said...
This comment has been removed by the author.
Mike said...

Azmi-senpai luar biasa dah,sungguh. hampir tiap post yg sya baca slalu link ke post lainnya dg keyword pas banget!
Penulis kereen :)

Irvan kun blogz said...

sudah aku coba mas infonya dan berhasil, thanks ya.
oh ya salam kenal ya : Irvan kun blogz

hit4games said...

Terima kasih Pak,
berhasil diinstall nih di blog saya

alhuda said...

saya udah ngikuti saran mas supaya judul posting tampil lebih dulu dibanding nama blog....dengan memasukin scrip nya, tapi tetep aja nama blog yg lebih dulu muncul mas...jd hrs bagaimana mas..??

Basrie Mr said...

saya kesulitan setelah sampai edit html apakah harus klik lanjutkan dihalaman tersebut, mohon infonya sobat trims

Unknown said...

Klik Edit HTML, lalu "proceed" atau "lanjutkan" hingga masuk ke zona edit template.

Anonymous said...

Game Counter Strike V7 Update! Klik DiSini

Ferry Setia said...

baru tau kalo harus begini biar SEO -_____-

udah di pake ni cara di blog saya ....

makasih banget ni om :D

Unknown said...

Makasih bang infonya,,, saya baru tau ternyata efeknya seperti itu,, dan untungnya blog saya menggunakan cara seperti diatas...

Anonymous said...

Benar-benar bermanfaat....terima kasih untuk semua tutorialnya....
sudah banyak pelajaran yang bisa saya dapatkan disini

Unknown said...

punya ane gimana ya??

Unknown said...

thanks very much

Melajah™ said...

foll back ya gan!!!!

AnugraH foam said...

blog saya udah diganti codenya sesuai tutorial tapi tetap aja nama blog nya ada di depan judul posting gimana ya mas? www.addiinradio.blogspot.com ditunggu infonya

temol said...

mantap mas. terima kasih

Unknown said...

Kok gak berubah sih gan..??
Masih nama blog duluan.
Apa ini trik lawas yah..?
udah gak berlaku gitu.
hehehehe

main-main juga yuk di bloh ane
http://joencl.blogspot.com

Unknown said...

Okelah Kalo Begitu

Unknown said...

ini yang saya cari, makasih banget infonya pak.. :)

Unknown said...

maaf kang mau tanya, lw cara merubah judul blog menjadi judul postingan, gimana ya..??
Bukan di tab nya..
contoh ::
jdul blog :: Gudang Makalah-Mu
pas klik artikel "Download Makalah Gratis" maka judul blog berubah menjadi judul postingan, gimana tuh..?
bls jga di blog saya ya..

Unknown said...

Halo, saya masih kurang mengerti yang dimaksudkan. tolong dijelaskan yang runut.

Anonymous said...



jika judul blog tidak mengandung keyword maka kenapa tidak begini :
Judul Post - Keyword

kita ganti keyword dengan kata yang pasti di ketik orang seperti Tutorial BLOG

Anonymous said...

Jika script di atas tidak juga berhasil diterapkan, itu kenapa ya? Sebelumnya judul postingan ada di depan nama blog, tetapi setelah diganti template blognya, tiba-tiba, Nama Blog menjadi di depan Judul Postingan. Solusinya bagaimana, tanpa harus mengembalikan blog ke defaultnya? Tolong ya Pak.

Unknown said...

Cek apakah template anda sudah memiliki tag sejenis, karena tidak akan bekerja kalo sudah ada dua tag yang sama.

Unknown said...

terima kasih masgan, sudah saya praktekan di kedua blog saya

Unknown said...

Wah jadi begitu gan,.,,
tpi saya masih gak bisa ya...
tlong bntuannya di http://thephatar.blogspot.com

Unknown said...

wah2 makasih master sangat membatu ..... owh iya jika ada waktu mampir ke blog saya ya master saya ingin minta penilayan tentang blog saya di sini : wieben4rever007.blogspot.com mkasih .....

Unknown said...

thank gan sudah share, tapi belum berubah tuh di index googlenya X_X , jadi nggak tahu harus bagaimana sama postingan yang sudah terindex

Heppy said...

Mantab bro, salam kenal dari SBI

DiGiTaL BoY said...

kalo blog saya ga bisa masuk edit html .. ada tulisan error terus gmana yaah ?

Digital Lounge said...

makasi bora, artikelnya membantu. :D

Anonymous said...

gan kalo kita mau di blog kita biar judulnya aj dlu yang ditampilkan gimana y soalny di blogg saya sekali dbuka timbul2 semua artikelnya
http://caradantrickhattajak.blogspot.com/

Unknown said...

@ hatta: pake readmore >> http://buka-rahasia.blogspot.com/2011/03/cara-membuat-auto-readmore-thumbnails.html

tehnik_service.blogspot.com said...

ikut nyoba,,,,,

Miftahul Ulum said...

sangan membantu saya Gan...Thank

Dikdik Somantri said...

Terima kasih gan, sudah diterapkan.

Yulia Rahmadhani said...

Kayanya perlu saya terapkan nih di blog saya, trimakasih untuk tutorialnya....

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan. Jika ingin menuliskan kode di dalam komentar, convert dulu dengan HTML Encoder. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Atau biar lebih cepat dan enakan bisa kontak lewat Facebook. KOMENTAR BERISI LINK & tidak sesuai dengan Comment Policy akan langsung dihapus.Karena banyaknya spam, komentar sekarang di-moderasi sebelum diterbitkan. Thanks.
Smashed Spams: 11362

Recent Comments

Tautweb.com

  • Menulis Artikel Blog

    Tips dan panduan menulis artikel blog berkualitas dan menarik (dalam beberapa seri).

  • Template Blog Terbaik

    Review dan daftar situs pembuat dan penyedia template blogger berkualitas dan tentunya terbaik.

  • Strategi SEO 2015

    Hal apa saja yang wajib menjadi bagian dari strategi SEO di tahun ini? Simak ulasan lengkapnya di sini.

  • Artikel SEO Friendly

    Tips membuat artikel yang memenuhi syarat SEO sekaligus tetap menjaga kualitasnya.

  • Belajar HTML & CSS

    5 situs rekomendasi untuk mempelajari HTML dan CSS dari tingkat dasar.

© 2010-2015 Buka Rahasia Blogspot | Template by Dicas Blogger | Modified & Enhanced by Ahmad Khoirul Azmi

 ContactPrivacy PolicyComment PolicySitemap